Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah, Masakan Khas Lebaran Yang Lezat

RESEP MEMBUAT KAYA (SRIKAYA) GULA MERAH YouTube
RESEP MEMBUAT KAYA (SRIKAYA) GULA MERAH YouTube from www.youtube.com

Lebaran tahun 2023 sudah di depan mata. Jika tahun-tahun sebelumnya kita biasa menyantap kue kering dan berbagai camilan, tahun ini ada salah satu masakan spesial yang bisa Anda coba buat merayakan momen Lebaran bersama keluarga. Resep srikaya telur santan gula merah adalah salah satu masakan khas yang enak dan pastinya cocok untuk Lebaran. Dengan menyajikan masakan ini, Anda bisa membuat suasana keluarga menjadi lebih meriah dan bahagia.

Apa Itu Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah?

Resep srikaya telur santan gula merah adalah masakan khas yang berasal dari Indonesia. Masakan ini terbuat dari telur yang diolah dengan santan dan gula merah. Ditambah dengan bumbu-bumbu yang beragam seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan lain sebagainya, membuat masakan ini sangat lezat. Resep srikaya telur santan gula merah ini juga cocok untuk disajikan saat acara-acara khusus seperti Lebaran, Natal, Imlek, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyajikan masakan ini untuk menu sehari-hari, karena memang cukup praktis dan mudah untuk dibuat.

Bagaimana Cara Membuat Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah?

Untuk membuat resep srikaya telur santan gula merah tahun 2023 ini, Anda hanya butuh beberapa bahan seperti telur, santan, gula merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lain sebagainya. Yang pertama, Anda bisa mengolah telur seperti biasa. Setelah telur siap, Anda bisa menggoreng telur hingga matang. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat srikaya telur. Anda bisa menumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum. Setelah bumbu-bumbu menjadi harum, Anda bisa mencampurkan telur, santan, dan gula merah. Aduk merata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Setelah semuanya tercampur, Anda bisa menyajikan masakan ini dan pastinya akan disukai semua orang.

Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah yang Lezat

Untuk membuat resep srikaya telur santan gula merah yang lezat tahun 2023 ini, Anda bisa mengikuti resep berikut:

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan: 6 telur, 1 cangkir santan, 1 cangkir gula merah, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt jahe, 2 sdm minyak, dan garam secukupnya.
  • Cara membuat:
  1. Kocok telur hingga tercampur rata. Panaskan minyak di wajan, lalu goreng telur hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan santan, gula merah, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur dan santan mengental.
  3. Masukkan telur yang sudah digoreng tadi. Aduk rata dan masak hingga santan mengental. Angkat dan sisihkan.
  4. Resep srikaya telur santan gula merah siap disajikan.

Tips Membuat Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah Yang Lezat

Untuk membuat resep srikaya telur santan gula merah yang lezat tahun 2023 ini, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Pastikan telur yang digunakan sudah matang. Jika telur belum matang, resep srikaya telur santan gula merah yang Anda buat tidak akan terlalu lezat.
  • Gunakan santan yang cukup, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Santan yang terlalu banyak akan menyebabkan masakan menjadi terlalu encer, sedangkan santan yang terlalu sedikit akan menyebabkan masakan menjadi terlalu kental.
  • Pastikan bumbu yang digunakan sudah benar-benar harum. Bumbu yang harum akan menambah cita rasa masakan.
  • Jika Anda suka masakan yang lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai sesuai selera.

Resep Srikaya Telur Santan Gula Merah, Masakan Khas Lebaran yang Lezat

Resep srikaya telur santan gula merah adalah salah satu masakan khas yang enak dan cocok untuk dibuat saat Lebaran. Masakan ini terbuat dari telur, santan, gula merah, dan bumbu-bumbu lain. Dengan menyajikan masakan ini, Anda bisa membuat suasana keluarga menjadi lebih meriah dan bahagia. Dengan cara yang mudah dan praktis, Anda bisa membuat masakan ini. Jadi, jika Anda ingin merayakan Lebaran tahun ini dengan menu spesial, cobalah membuat resep srikaya telur santan gula merah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menanam Wortel Organik Dan Panennya

Resep Sagu Bakar Gula Merah Khas Indonesia

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Punggung