Gua Lo Bangi, Malang – Petualangan Seru Di Bawah Tanah


Tak hanya memiliki wisata alam pegunungan dan pantai, Kota Malang juga mempunyai kawasan wisata berupa gua. Salah satunya yaitu Gua Lo Bangi yang bisa jadi pilihan lokasi liburan.





Gua Lo Bangi berada di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Letaknya tidak jauh dari Pantai Ngliyep yang juga populer akan keindahan alamnya.





Gua Lo Bangi berada pada dua kawasan berbeda. Goa Lo berlokasi di area ladang miliki warga Desa Kedungsalam. Diberi nama demikian alasannya adalah di mulut gua ini terdapat pohon Lo. Sedangkan Gua Bangi berada di area ladang milik warga Desa Kedungsalam bernama Pak Bangi.





sungai gua




Gua ini memiliki tata cara anutan air bawah tanah atau sungai bawah tanah sehingga saling terhubung. Untuk memasukinya kita mampu menuruni dinding tanah dengan kedalaman 3 meter lalu menelusuri lorong horizontal pemikiran sungai bawah tanah sepanjang 10 km.





Saat menyusuri lorong gua, kita akan berjumpa dengan ajaran sungai, gerojokan, dan danau bawah tanah. Mulut Gua Lo Bangi mempunyai ukuran kurang lebih 5 meter dengan lantai bertekstur tanah berbatu.





Ukuran lorong yang tidak berair akan semakin mengecil dengan lantai berlumpur serta terdapat beberapa genangan di beberapa kawasan. Oleh alasannya itu, sesekali kita dituntut untuk merangkak dan membungkuk ketika berjalan. Melanjutkan perjalanan, kita akan sampai di ruangan kecil dengan lorong menurun untuk meraih batas muka air.





Pada lorong berikutnya, kita memasuki area gua dengan atap pendek, sempat dan terdapat aliran sungai kecil di dalamnya. Area Goa Lo Bangi mempunyai ornamen stalakmit, gourdam, reruntuhan bebatuan, kolom dan lain-lain yang terbentuk secara alami.





Di dalam gua ini kita bisa melihat bebatuan alam yang indah menggantung di atap dan dinding gua. Bahkan saat berada di badan gua kita bisa mendengar suara alam yang begitu hening, mirip jangkrik, burung walet, kelelawar, udang, lele, olang dan sebagainya.









Untuk menyusuri gua ini kita membutuhkan akomodasi penulusaran gua. Kita tak perlu membawanya dari rumah, sebab telah ada persewaan alat seperti senter, helm, tali, tabung oksigen, alat climbing dan lain-lain selaku pendukung keselamatan wisata.





Selain itu kemudahan lazim juga sudah lengkap, contohnya area parkir, warung makan, daerah istirahat, kamar mandi, dan fasilitas prasarana yang mendukung perkembangan pariwisata Gua Lo Bangi.





Karena berada dibawah tanah dan dialiri sungai bawah tanah, sebaiknya kita tidak memasuki lokasi wisata gua ini kalau cuaca hujan. Selain itu, tentukan saat menelusuri gua kita didampingi oleh pemandu yang terlatih.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menanam Wortel Organik Dan Panennya

Resep Sagu Bakar Gula Merah Khas Indonesia

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Punggung